Standarisasi merupakan bentuk matinya kreatifitas. Ketika segala sesuatunya sudah disusun dan diatur, maka pelaksanaannya tidak akan jauh-jauh dari standar yang sudah ditetapkan tersebut. Akibatnya, segala aktivitas dilakukan berdasarkan kebiasaan, menurut standar yang berlaku. Jika menyimpang, bisa disebut sebagai bentuk pelanggaran.

Bagaimana dengan pelayanan kesehatan dan keperawatan? Bukankah sebagai bentuk profesionalisme perawat, khususnya harus mengikuti standar tertentu? Jika tidak mengikuti standar tersebut, maka pelayanan yang diberikan kepada klien tidak bisa diertanggung-jawabkan. Tetapi apakah kemudian mematikan kreatifitas perawat?

Sebenarnya tidak. Memang di pelayanan kesehatan seharusnya pelayanan yang diberikan mengikuti suatu standar. Tetapi bukankah keperawatan itu adalah ilmu dan seni? Berarti kreatifitas dari perawat tetap diperlukan untuk terus meng-up-to-date keilmuannya. Jaman cepat sekali berubah, tidak bisa perawat tetap berkutat pada ilmu yang diperolehnya saat di bangku kuliah. Meskipun dalam pelayanan keperawatan perawat harus terus mengikuti standar-standar, tetapi perawat dituntut untuk terus berpikir kritis dan kreatif untuk mencari dan mencari bentuk pelayanan keperawatan yang lebih efektif dan efisien. Salah satunya dengan melakukan penelitian.

Saat ditanya, banyak perawat yang mengemukakan bahwa pelayanan yang diberikannya pada klien belum-lah memuaskan. Sehingga kalau di-list, masih banyak hal yang perlu diperbaiki atau dikembangkan. Karena sudah ada standar, tentu saja tidak mudah mengganti begitu saja suatu standar yang sudah baku. Untuk itu jelas diperlukan telaah yang mendalam untuk merevisi atau membuat standar baru. Pergeseran tren penyakit dan munculnya strain penyakit baru, jelas menuntut perawat untuk terus mengembangkan diri. Tidak hanya puas dari gelar yang sudah diperolehnya.

Mungkin memang standarisasi bisa mematikan kreatifitas. Tetapi dengan terus mengasah kemampuan berpikir kritis, kreatifitas tentu tidak akan ada matinya…

 

(Hanya sekedar opini, ketika terjebak suatu rutinitas yang kadang membosankan… trus mencari celah, bagaimana mencari hal yang menyenangkan di tengah kebosanan. Dan pasti ada… )