Pernah dengar Yogurt (atau Yoghurt)? Makanan ini sebenarnya bukan makanan baru. Sudah lama adanya, bahkan sejak 4.500 tahun yang lalu. Penemuannya dilakukan secara tidak disengaja dan sampai sekarang belum diketahui secara pasti darimana tempat asalnya. Banyak negara menyebutkan asal yogurt menurut versi mereka masing-masing. 

Yogurt terbuat dari susu, menggunakan bakteri khusus, kemudian akan terjadi proses fermentasi pada suhu dan lingkungan yang khusus (untuk kepentingan industri, dilakukan di dalam suatu bioreaktor). 

Manfaat yogurt ternyata banyak sekali untuk tubuh. Baru-baru ini, Shimazaki, of Kyushu University in Fukuoka, Japan, dan koleganya melakukan penelitian terhadap manfaat yogurt. Meskipun memerlukan penelitian lanjutan, peneliti merekomendasikan bahwa satu karton yogurt setiap hari dapat mencegah penyakit gum (antara gigi dan gusi). Bahkan yogurt juga dapat dikonsumsi oleh orang-orang yang mempunyai alergi laktosa susu (laktosa dalam susu sudah dirusak oleh bakteri saat proses fermentasi). 

Di Indonesia, sebenarnya ada jenis yogurt yang dibuat oleh masyarakat secara turun-temurun. Namanya Dadih (ni horbo, dari Sumatera). Karena harganya mahal di pasaran, masyarakat bisa membuatnya sendiri dengan menyiapkan susu dan bakteri-nya, atau dengan membubuhkan sedikit yogurt yang sudah jadi ke dalam susu, dibiarkan 7 – 12 jam akan menjadi yogurt. Bahkan sekarang ada soy yogurt yang terbuat dari susu kedelai.

 

Sumber:

www.msnbc.com

http://en.wikipedia.org/wiki/Yoghurt