“Perjalanan hidup tak selamanya indah”. Kata2 yang mungkin klise. Tapi Tuhan selalu menciptakan akhir yang bahagia. Kalau kesedihan yang dirasakan, berarti itu bukanlah akhir hidup.
 
Terlalu banyak yang Tuhan sudah berikan untuk hidup ini. Tangis & bahagia silih berganti. Akhirnya terbentuk kesimpulan manis : selalu ada rencana indah di balik semua kepedihan.
 
Give up? Sometimes, yes. Tapi bukan itu yang Tuhan inginkan. Karena rencana Tuhan “unpredictable”. Kadang perlu waktu yang lama, sering pula hanya dalam waktu yang singkat.
 
Yang saya tahu sekarang, semuanya akan mungkin melalui pengorbanan, perjuangan & doa. Terdampar di suatu tempat yang jauh, meninggalkan keluarga & sahabat sekian lama, melupakan sejenak rencana-rencana…. pasti bukanlah sesuatu yang sia-sia nantinya. Bukan untuk membuktikan diri adalah yang terbaik, tapi untuk mewarnai hidup, dengan coretan yang manis. PASTI BUKAN HAL YANG SIA-SIA. Selalu ada keajaiban di luar & di depan sana….
 
Sahabatku, perjalananku bukanlah yang terberat & paling menyedihkan. Masih banyak di luar sana yang tidak kau kira bebannya. Tapi tidak hanya aku, melainkan kamu juga, kesusahan ini bukanlah yang terakhir. Yankinlah bahwa suatu saat nanti, saatnya akan tiba untukmu, kebahagiaan seperti yang kami semua rasakan.
 
Jangan hentikan perjuanganmu. Pasti akan bisa melalui ini semua. Perjuangan ini tidaklah terasa berat jika kamu memandang harapan indah di luar & di depan sana.
 
Doa-ku menyertaimu, sahabatku yang terkasih. Dan untuk semua saja, termasuk diriku, yang mungkin baru merasakan kesesahan dalam hidup. Tuhan menyertaimu selalu.